DAMKARUmum

Peringatan HUT RI Ke-74

DAMKAR : Menjadi Pasukan Dalam Peringatan HUT RI Ke - 74, Bersama - sama dengan Satpol PP, Linmas dan Jajaran Samping.

PASUKAN : Damkar dan Satpol PP dalam peserta Upacara HUT RI Ke-74

Partisipasi Damkar Kota Malang, Di Upacara HUT RI Ke-74

Malang – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran Satuan Polisi Pamong Praja Kota Malang diundang untuk mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pemerintah Kota Malang memusatkan rangkaian kegiatan upacara di Stadion Gajayana. Sebanyak 20 personil UPT Pemadam Kebakaran terpilih diturunkan untuk mengikuti upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 Agustus 2019.

Seusai upacara, para personil Pemadam Kebakaran kembali ke Markas Komando (MAKO), Kantor UPT Pemadam Kebakaran di Jalan Bingkil no. 1 Kota Malang untuk mengikuti acara tasyukuran HUT RI. Acara yang digelar rutin setiap tahun tersebut dihadiri oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Drs. Priyadi, MM serta mengundang Purnawirawan Pemadam Kebakaran dan tokoh masyarakat sekitar.

Setelah rangkaian acara tasyukuran selesai, seluruh personil Pemadam Kebakaran mengajak masyarakat sekitar untuk menapak tilas makam para tokoh Pemadam Kebakaran yang gugur ketika bertugas di Taman Makam Pahlawan (TMP) Untung Suropati dan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kasin. Selain untuk mengenang jasa mereka, napak tilas yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 17 Agustus ini bertujuan untuk mengenalkan para tokoh Pemadam Kebakaran kepada masyarakat.
Makam tokoh penting Pemadam Kebakaran yang disinggahi yaitu makam Bapak April yang berada di TMP Untung Suropati. Beliau gugur pada saat bertugas memadamkan kebakaran di wilayah Kota Lama pada tanggal 16 Agustus tahun 1963 silam. Dari makam Bapak April, perjalanan dilanjutkan ke makam Bapak Slamet C yang berada di TPU Kasin. Beliau juga merupakan tokoh Pemadam Kebakaran yang gugur beberapa saat setelah melaksanakan tugas memadamkan kebakaran. (Tim FD)

126 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *